WAKATOBI WAVE (WAKATOBI WONDERFUL FESTIVAL AND EXPO)

by - August 17, 2020

 



Hai hai… Welcome to my blog

Udah lama yah gak ngepost dimari ☹, karna kesibukan yang padet banget antara kuliah dan kerja ditambah ide untuk menulis ntah menguap kemana ☹. Akhirnya lama vakum untuk menulis. Kebetulan buka album lama di leptop, nemu foto-foto waktu karnaval langsung ide nulis muncul dengan sendirinya heheh. Daripada lama-lama tambah ngawur kita langsung aja yuk.

Wakatobi Wave (Wakatobi Wonderful Festival and Expo) merupakan festival tahunan yang di lakukan untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di waktobi, dari pulau wanci sampai ke pulau binongko.

Jujur aku aja saat pertama kali ngikutin festival ini terus berdecak kagum, satu kalimat yang aku ucapin terus “Gila, mama e.. asli paling bagus” (itu versi ambon yah hehe, bahasa indonesianya “keren banget”). Dimana setiap kampung yang ada di WAKATOBI menampilkan sesuatu yang menarik dari pakaian adatnya sampai kegiatan keseharian dari masyarakat WAKATOBI itu sendiri. 

Wakatobi wave ini diselenggarakan selama 3 hari, banyak acara yang menarik dari konser, seminar dan diving pokoknya banyak banget. Aku Cuma kebagian ikut paradenya. Kalau ikut acaranya yang lain gak bisa ngikut karena dari kampungku ke wanci harus menyebrang dan gak dibolehin tante sama kakak sepupu kalau pergi sendiri hehehehe, maklum takut nyasar entar. 

Nah hari ke tiga itu aku di ajak sama tante, kebetulan untuk parade ini semua orang di kampung ikut dalam festival ini dari anak-anak sampai orang dewasa, baik itu yang berpatisipasi atau hanya menonton, mereka gak mau ketinggalan. Saat aku Tanya “Tan kok mereka semangat gitu yah”, tanteku membalas “iya dong, ini kan festival setahun sekali. Pasti semangat nanti kalau kamu udah lihat karnavalnya. Tante jamin pasti pengen nonton lagi”. Dan memang terbukti haha, saat aku buka kembali foto-foto waktu ikut karnaval pengen ikut lagi. 

Oh iya WAKATOBI Wave ini diselenggarakan biasanya di akhir tahun, so kalau kalian pengen nonton festival ini, di cek dulu kapan acaranya, biasanya sih info seputar pagelaran seperti ini sering di update sama dinas parisiwata setempat atau juga melalui akun facebook anak-anak asli wakatobi eheheh. 

Nah di bawah ini foto-foto saat festival tersebut yang sempat aku abadikan, so silahkan di lihat ☺ ☺

Foto bareng adek aku salah satu pesertanya




Tarian kolosal

(Foto tahun 2017)



Parade Kostum masing-masing instansi daerah
(Foto Tahun 2017)


Kansodaa (Aku gak tau namanya) 😁🤭 

(Foto Tahun 2017)


You May Also Like

23 Comments

  1. Mau kalii aku main di kampung mu mpokk trus liat festival macam beginiannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, klu ada waktu ke sana yah.. Gak tau tahun ada acaranya atau gak ☹️☹️

      Delete
  2. Wakatobi, aku tuh pengen banget menjelajah Indonesia, salah satunya ya Wakatobi. Indah banget. Semoga ada rezeki bisa ke sana. Apalagi klo bisa lihat festivalnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kesana mba, rugi loh kalau gak kesana 😊

      Delete
  3. Impianku banget nih ke Wakatobi. Ya ampun belum kesampaian hingga sekarang :D Tapi pengen belajar diving dulu deh biar nggak rugi kalau ke sana.

    ReplyDelete
  4. ya ampun Wakatobi cantik sekali ya.. kapan bisa melancong ke sana dan menikmati keindahannya

    ReplyDelete
  5. Keren banget festivalnya. Aku kagum banget sm parade kostum2nya. Semoga budaya Indonesia makin lestari ya 😍

    ReplyDelete
  6. Wah, wakatobi, aku belum pernah nih kesini, ternyata ada ya festival kaya gini disana, setauku cuma pantainya tuh yang oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya, aku pertamanya gitu taunya cuman pantainya aja. pas kesana waktu liburan ternyata ada juga acara ini hehhe

      Delete
  7. Festival Wakatobi Wave tahun ini bakal gimana ya? Apa bermasker semua atau kudu ditunda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakatobi Wave tahun ini, blm ada kabar angin bakal di adain atau di tunda mba

      Delete
  8. Baru pertama kali denger soal festival Wakatobi Wave ini. Kayaknya yang diving menarik yaa, apalagi Wakatobi emang terkenal sama lautnya.

    ReplyDelete
  9. Meriah banget yaa, ternyata bukan hanya wisata lautnya tapi ada juga agenda festival tahunan yang dinanti. Rasanya pernah sih teman fotografer cerita tapi akunya enggak terlalu merhatiin, baru ngeh di sini. Makasih sudah berbagi yaa, Mbak. Untuk akhir tahun ini kira-kira tetap diadakan tidak ya...

    ReplyDelete
  10. digelar selama 3 hari berturut-turut, ini sih harus digaungkan terus ke manca negara, menarik banget rangkaian acaranya mba

    ReplyDelete
  11. waahh, anak Sulawesi juga ya? salam kenal dari Kendari :)
    acaranya akhir tahun ya? tahun ini ada ndak ya? pengen lihat langsung juga doong ini, pasti meriah sekali ya acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga. iya nih cmn ngikut orang tua rantau ke ambon hehe.. iya acaranya biasanya akhir tahun, aku blm ada info sih bakal ada gak tahun ini, kemarin ada rencana juga acara kabuenganya klu gak salh bln juni kemrin acaranya, tp karna pandemi acaranya di batalkan

      Delete
  12. Wah, Wakatobi jadi salah satu destinasi wisata impianku nih mbak. Aku baru tau kalo ada festival juga disana.

    ReplyDelete
  13. Paling senang ikut acara semacam festival kaya gini
    Sebelum pandemi pernah ikut ke Jember, bareng anak dan suami. Wah ketagihan banget. Selain nambah ilmu, wawasan, pertemanan, juga banyak kearifan lokal masyarakat yang bisa kita ketahui

    ReplyDelete
  14. Sudah sering banget mendengar keindahan wakatobi, tapi memang belum ada kesempatan untuk bisa kesana.. dan tulisan ini kembali mengingatkanku akan keindahan alam wakatobi.. semoga suatu saat nanti bisa kesana yaa

    ReplyDelete
  15. Wakatobi indah banget, aku belum pernah sama sekali menginjakkan kaki di pulau Papua ini, semoga ada rezeki buat kesana suatu saat nanti

    ReplyDelete
  16. Saya belum sampai ke wakatobi. Deatinasi impian Selain Derawan Dan K island

    ReplyDelete